Cara Mengatasi Induk Burung Kenari Betina Yang Susah Birahi

Cherewed.com – Bagi para penangkar burung pasti pernah mengalami indukan burung betina susah birahil, tidak sedikit para peternak pemula mengeluh karena indukan burung yang dipeliharanya belum juga mau birahi. walaupun umurnya sudah lebih dari 1 thn. Pada umumnya, burung kenari betina mencapai umur dewasa kelamin pada umur 8-10 bulan, sehingga harusnya sudah mau birahi alias siap dikawinkan.

Namun kondisi burung tentunya tidaklah sama, sehingga ada juga burung kenari yang berumur 2 tahun lebih terkadang belum juga mau birahi. Ada beberpa penyebab kenapa burung kenari betina yang sudah dewasa belum juga birahi, salah satunya adalah bawaan sejak menetas di mana burung kekurangan estrogen dan progesteron, yaitu dua jenis hormon yang terkait dengan fungsi reproduksi burung betina, termasuk rangsangan birahi.

Ketika indukan burung kenari sudah berumur 2thn, namun belum kunjung juga birahi, maka dia tidak mau dikawin pejantannya. ini akan mengakibatkan ke dua burung berkelahi karena jantan akan terus untuk memaksa kawin sedangkan betina menolaknya.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada 2 cara yang akan admin sampaikan disini :

  • Naikanlah birahi pada burung betina dengan melalui perbaikan pakan. cara ini sedikit membutuhkan waktu lama karena pakan harus diproses dulu dalam organ-organ pencernaan. kemudian disalurkan keseluruh tubuh
  • Menggunakan cara lebih instan, di mana burung langsung memperoleh asupan gizi yang kaya sumber estrogen dan progesteron. Begitu masuk ke saluran pencernaan, maka asupan gizi ini segera dikirim ke seluruh jaringan tubuh, terutama yang berkaitan dengan sekresi kedua hormon tersebut.

Asupan gizi yang dimaksud adalah EstroBird. Ini suplemen khusus burung betina yang susah birahi. Fungsinya memang untuk merangsang produksi estrogen dan progesteron pada burung betina yang mau dijadikan indukan. asupan gizi ini sebaiknya diberikan sebelum burung betina disatukan dengan jantan (sebelum penjodohan).Berikanlah selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu 1-2 kali seminggu.

BACA JUGA :  Tips Dan Trik Ampuh Cara Mengetahui Ciri - Ciri Burung Murai Batu Kalimantan ( Borneo )

Cara pemakaiannya cukup oleskan 3-4 tetes EstroBird pada extra fooding. Tidak disarankan dicampur dengan air, karena burung cenderung sedikit minum air, sehingga banyak yang terbuang ketika dosis belum mencukupi. Cara pertama, mendongkrak birahi kenari betina melalui perbaikan pakan.

Ada juga beberapa orang yang melukan tahap-tahap untuk mengatasi induk burung kenari yang belum birahi dengan melakukan perbaikan pakan pemberian sayuran, buah, dan telur puyuh rebus. Sayuran yang diyakininya sebagai sumber hormon estrogren dan progesteron adalah sawi hijau, sawi putih, daun ginseng, gambas, dan jagung manis. Adapun buah yang paling tepat yaitu apel.

Dalam percobaannya, menggunakan dua jenis sayuran yaitu daun sawi dan jagung manis. EF lainnya berupa apel dan telur puyuh rebus. “Semua extra fooding ini dapat meningkatkan hormon di dalam tubuh kenari betina, dan bisa juga menggenjot produksi sel telurnya,”

Berikan pakan bergizi tersebut setiap hari, sampai terlihat tanda-tanda kenari betina mengalami apa yang disebut sebagai puncak birahi. Tanda-tandanya antara lain burung selalu aktif bergerak, bahkan mulai membalas nyanyian kenari jantan yang bakal menjadi calon pasangannya.

Apabila sudah terlihat tanda-tanda seperti aktif bergerak, selanjutnya burung kenari jantan bisa dimasukan ke dalam kandang betina. Selama berada di dalam kandang ternak, keduanya tetap mendapat EF yang sama: sawi, apel, jagung manis, dan telur puyuh rebus.

Nah itulah Cara Mengatasi Induk Burung Kenari Betina Yang Susah Birahi yang dapat admin sampaikan kepada anda, anda juga dapat membaca informasi lainnya seputar burung kicau di situs cherewed.com. semoga informasi ini bemranfaat. salam sukses selalu.