Manfaat Mandi Malam Untuk Burung Murai Batu

Cherewed.com – Burung murai batu adalah salah satu jenis burung yang memiliki popularitas paling tinggi dibanding burung kicau lainnya, Disamping suaranya yang merdu penampilan burung inipun menjadi daya tarik tersendiri. maka tidaklah heran di tahun ini burung murai batu semakin banyak diminati oleh para kicaumania.

Banyak yang memelihara burng murai batu hanya untuk sebagai hiburan dirumah namun sebagian orang memilih burung murai batu ini untuk dilombakan. namun burung yang targetnya itu untuk dilombakan pastinya memiliki kriteria yang bagus. dan apabila anda ingin mendapatkan burung murai batu yang memiliki kualitas suara yang bagus, tentunya ada faktor-faktor perawatan yang harus diterapkan pada burung tersebut.

Misalkan Seperti mengatur pola makanan, mandi, jemur dan lain sebagainya, termasuk melakukan terapi murai batu dengan memandikannya pada saat malam hari. Dalam memandikan burung murai batu pada saat malam hari memang sekarang ini sudah menjadi hal yang sering dilakukan oleh para kicaumania, karena dengan memandikan burung tersebut di malam hari dapat meningkatkan kemampuan suara atau kicauannya.

Lalu Apa Manfaat Mandi Malam Untuk Burung Murai Batu?

Disini ada sekitar 6 manfaat jika anda memandikan burung murai kesayangan anda pada malam hari. ke 6 manfaat tersebut akan saya bahas dibawah ini :

Menurunkan Birahi, Apabila birahi burung murai batu naik, ini disebabkan beberapa hal, seperti memberikan Ekstrafooding, jemur dan yang lainnya secara berlebihan. Dan apabila penjemuran sudah di kurangi atau pemberian ekstrafooding sudah di kurangi, namun murai batu masih tinggi birahinya, maka bisa memandikannya di malam hari.

Menstabilkan Birahi, Selain bisa untuk menurunkan birahinya murai batu, dengan memandikannya juga bisa menstabilkan birahinya, sehingga tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah.

BACA JUGA :  Cara Memandikan dan Menjemur Burung Murai Batu Yang Baik

Menjadikan Burung Murai Batu Yang Tadinya Agresif Menjadi Tenang, Burung Murai batu yang terlalu agresif Pada saat lomba akan selalu tidak tenang dan cenderung akan mengejar lawannya di lapangan karena tidak bisa mengontrol emosi, ngeruji dan susah membuatnya menjadi nagen. Supaya burung ini nagen, maka sifat agresifnya perlu untuk di turunkan terlebih dahulu, dan caranya adalah dengan memandikannya pada malam hari.

Murai Batu Lebih Gacor, Dengan memandikan burung murai batu pada malam hari, ini akan memancing  prilaku burung yang sebenarnya (fighter) dan bisa menjadi lebih gacor lagi.

Mengatasi Ngelowo/Ngebatman, Kondisi ngelowo/ngebatman pada murai batu merupakan suatu kondisi burung yang sangat tidak di inginkan oleh para kicaumania, karena ini akan mengakibatkan burung menjadi malas bunyi dan lebih banyak diam, Terkadang ada juga yang menjual murai batu ngelowo dengan harga murah karena kesal dan malas merawatnya. Maka dari itu, terapi mandi malam perlu di lakukan untuk membantu memulihkan kondisi burung murai batu ke performa terbaiknya.

Menjinakan Burung Murai Batu Liar, Murai batu lomba yang masih liar tentunya akan sulit tampil dengan maksimal ketika di arena lomba, karena ramai suara burung, suara manusia dan lainnya. Dengan memandikan burung pada malam hari bisa dengan sering memandikan pada malam hari, selain membuatnya jinak, burung tersebut bisa gacor.

Cara Memandikan Burung Murai Batu Pada Malam Hari

Pada saat sore hari sekitar jam 04.00 – 05.00 burung di simpan di tempat pekarangan rumah dan biarkan burung beristirahat sambil memberikan pakan jangkrik. setelan pakannya di sesuaikan saja dengan jumlah yang biasa di konsumsi murai batu.

Pada jam 19.00, masukan murai batu di kandang keramba untuk di mandikan, dan biarkan burung mandi sendiri, dan jika masih tidak mau mandi, murai batu di semprot saja hingga bulunya basah. Setelah basah bulunya dan biarkan burung di istirahatkan selama 10 menit sambil memberikan beberapa ekor jangkrik.

BACA JUGA :  Cara Mudah Menjinakan Burung Murai Batu Yang Liar dan Giras

Setelah beristirahat dan bulunya sudah kering, masukan kembali ke sangkar hariannya, dan simpan murai batu di dalam rumah sambil krodong sangkarnya dan biarkan murai batu beristirahat hingga pagi hari. Untuk melakukan terapi mandi malam untuk murai batu cukup dilakukan 1 kali dalam seminggu untuk murai batu yang sudah mapan.

Ok, Itulah pembahasan yang dapat admin sampaikan mengenai Manfaat Mandi Malam Untuk Burung Murai Batu