Inilah 8 Manfaat Daun Dewa Untuk Burung Kenari

Cherewed.com – Apakah anda tahu daun dewa? bagi para master yang sudah lama terjun ke hobby memelihara burung, tentunya tahu daun dewa ini, Bagi anda yang belum tahu tentang daun ini, akan admin jelaskan secara singkat.

Daun Dewa adalah tanaman yang berasal dari china yang sekarang ini banyak dikembangkan di asia tenggara dan afrika. Daun ini akan tumbuh hingga memiliki panjang kurang lebih 20 cm dan lebar 10 cm. walaupun daun ini masih belum banyak diketahui orang namun manfaat dari daun ini sangat banyak untuk kesehatan. dan Daun dewa memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti Sapoins, minyak astiri, flavonoid, polifenol, asam hidroklorik dan vitamin K.

Nah itulah sedikit ulasan tentang daun dewa, masuk lagi ke pembahasan manfaat daun dewa untuk burung kenari. Selain pakan biji-bijian, burung kenari juga gemar memakan dedaunan hijau. namun tidak semua jenis daun hijau bisa diberikan, apalagi jika manfaat kandungan dari daun tersebut belum diketahui. Dedaunan hijau yang biasa diberikan sebagai pakan tambahan bagi kenari antara lain daun selada dan daun sawi.

Bagaimana dengan daun dewa?

Selain bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit pada manusia, daun dewa sejak dulu juga dikenal sebagai salah satu dedaunan yang bisa diberikan kepada burung kenari maupun jenis burung lainnya. Para penghobby burungpun dari dulu telah memanfaatkan daun dewa ini, terutama untuk burung kenari dan burung pemakan biji-bijian lainnya.

Ok, langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan, disini admin akan menjelaskan 8 manfaat pemberian daun dewa bagi burung kenari :

8 Manfaat Daun Dewa Untuk Burung Kenari

  1. Membantu memaksimalkan volume suara burung.
  2. Meningkatkan stamina.
  3. Membuat burung lebih aktif berkicau.
  4. Anti-radang
  5. Anti-stres
  6. Membuat bulu menjadi licin, mulus, dan mengkilap, sehingga warnanya lebih tegas dan cerah.
  7. Membantu mengatasi burung yang kurus / dada nyilet.
  8. Membuat tubuh burung lebih berisi.
BACA JUGA :  2 Jenis Makanan Terbaik Burung Prenjak Yang Masih Belum Ngevoer

Tidak hanya untuk burung kenari saja, Para penggemar burung perkutut, derkuku, dan merpati pun kerap memanfaatkan daun tersebut untuk meningkatkan stamina dan mengobati penyakit snot. cara memberikannya yaitu dibilas air, kemudian diremas-remas menjadi bulatan kecil sebesar biji jagung, lalu dilolohkan kepada burung. Adapun cara lain yang lebih efektif mengatasi snot pada burung peliharaan adalah menggunakan StopSnot.

Untuk kenari dan burung pemakan bijian lainnya seperti finch, parkit, bahkan lovebird, daun dewa dapat diberikan dengan cara digantung di dalam sangkarnya. terlebih dahulu , daun harus dibersihkan dengan air bersih. Daun dewa ini bisa diberikan kepda burung kenari 2-3 dalam seminggu. Tetapi Untuk burung yang sakit, misalnya bersuara serak, daun dewa ini bisanya diberikan selama beberapa hari sampai kondisinya kembali pulih.

Selain daun dewa, ada tanaman herbal lainnya yang juga memiliki banyak manfaat untuk burung peliharaan  seperti Daun krokot, Daun randa tapak, Daun mengkudu. ketiga daun ini akan kami bahas di artikel selanjutnya.