Tips/Cara Merawat Burung Kenari Bakalan Supaya Rajin Berbunyi

Cherewed.com– Burung kenari merupakan salah satu burung yang paling banyak digemari oleh para kicau mania, maka tidaklah heran burun kenari ini merupakan salah satu jenis burung paling populer di indonesia bahkan dunia. walaupun pamornya dalam perlombaan burung kicau di indonesia masih dibawah murai batu dan lovebird, tetapi penggemar burung kenari ini masih terbilang cukup banyak. Knapa? karena memang disamping harganya yang cukup murah dan terjangkau burung ini juga termasuk burung yang paling mudah dalam perawatannya. maka dari itulah banyak para pemula yang ingin memeilhara burung kenari ini.

Lalu bagaimana cara merawat burung kenari yang baik dan benar? pasti pertanyaan inilah yang selalu ingin diketahui oleh para pemula yang ingin merawat burung tersebut. nah maka dari itulah Cherewed.com kali ini akan memberikan tips atau trik cara merawat burung kenari bakalan supaya rajin berbunyi.

Pilihlah burung kenari yang sesuai dengan keinginan anda, karena pada umumnya kenari terbagi dalam 3 tipe yaitu postur, warna, dan suara. Apabila Anda senang memelihara kenari karena penampilan dan warnanya, pilihlah kenari tipe postur atau warna. Jika senang dengan suaranya, maka pilihlah burung kenari yang memiliki tipe suara bagus dan merdu supaya nanti anda tidak menyesal apabila sudah membelinya.

Walaupun perawatan burung kenari ini dianggap cukup mudah, tetap saja membutuhkan perhatian tersendiri agar burung menjadi rajin berbunyi. Untuk memenuhi kebutuhan pakan hariannya, Anda bisa memberikan campuran biji-bijian, buah dan sayuran, serta pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti telur rebus atau egg food.an biji-bijian, buah dan sayuran, serta pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti telur rebus atau egg food. dan berikut ini kami berikan tips atau cara supaya burung kenari anda rajin berbunyi.

Cara Merawat Burung Kenari Bakalan Supaya Rajin Berbunyi

1. Berikan pakan secara tidak berlebihan

Memberi pakan secara berlebihan akan berdampak kurang baik pada penampilan dan kesehatan kenari. Selain bisa membuat burung gemuk, pakan yang berlebihan juga akan membuat kenari malas bunyi dan lebih memperhatikan pakannya. Untuk hasil yang baik, berikan pakan biji-bijian dalam takaran yang tepat, misalnya 1/3 cepuk pakan.

2. Rutin memberikan EF

Selain pakan utama berupa biji-bijian, kenari juga harus mendapatkan nutrisi dari pakan tambahan / extra fooding (EF) secara rutin. EF yang bisa diberikan adalah buah dan sayuran.

Agar hasilnya maksimal, pakan tambahan itu bisa disajikan secara bervariasi. Misalnya buah dan sayuran dipotong kecil-kecil dan dicampur jadi satu, kemudian dimasukkan dalam cepuk tersendiri.

3. Berikan egg food

Egg food atau soft food lazim diberikan kepada kenari untuk menambah staminanya. Egg food bisa berupa potongan telur rebus yang digantung dalam sangkar harian, atau telur rebus yang diracik bersama bahan-bahan lainnya.

Untuk memancing kenari agar lebih rajin bunyi, pakan racikan egg food dapat diberikan setiap beberapa hari sekali, sebagai pengganti pakan utama (bijian) pada hari tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan pakan bijian ke dalam pakan racikan egg food tersebut.

4. Berikan daun-daunan hijau

Sudah bukan rahasia lagi jika kenarimania di Indonesia kerap memberikan daun yang berasal dari tanaman liar sebagai alternatif pakan tambahannya. Daun-daunan dari tanaman krokot, mengkudu, dan sebagainya dipercaya mampu membuat suara kenari menjadi lebih jernih / kristal, sehingga bisa membuatnya bersuara lebih lepas ketika berkicau.

5. Mandi, jemur, dan jaga kebersihan

Anda harus selalu rajin menjaga kebersihan sangkarnya. karena Sangkar yang bersih membuat burung terhindar dari gangguan tungau atau parasit yang bisa menyerangnya. Kenari yang terinfeksi tungau tentu tidak akan mampu berkicau dengan baik, bahkan menjadi malas berbunyi. Membersihkan sangkar bisa dilakukan pada saat kenari sedang dimandikan. Mandikan kenari dengan cara disemprot atau menggunakan bak mandi kecil yang diletakkan dalam sangkar.

BACA JUGA :  2 Tips Dan Cara Jitu Agar Burung Kacer Ngeriwik Bisa Ngeplong Paling Akurat

Setelah mandi, jemur kenari di bawah sinar matahari, tanpa perlu disediakan pakan, kecuali pakan tambahan yang berupa daun-daunan. dan waktu yang baik menjemur burung ini adalah pagi hingga siang hari sebelum pukul 10.30. Setelah sinar matahari dirasa sudah cukup terik, pindahkan kenari ke tempat yang lebih teduh sambil memberikan pakan biji-bijian.

6. Berikan suplemen tambahan

Apabila kebutuhan pakan selalu tercukupi setiap hari, maka kenari akan menjadi lebih aktif dan rajin berkicau. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, Anda juga perlu memberikan suplemen tambahan.

7. Melakukan pemasteran

Pemasteran menjadi langkah yang tepat untuk membuat suara kicauannya lebih bervariasi. Pemasteran sebaiknya dilakukan saat kenari masih berumur masih muda. Pada saat itulah mereka cenderung mempunyai banyak waktu untuk mempelajari lagu-lagu baru.

8. Membuat burung nyaman

Hal yang satu ini bisa mempengaruhi rajin dan tidaknya burung berbunyi, Beberapa kondisi berikut ini bisa membuat kenari merasa tidak nyaman, sehingga jarang mengeluarkan suara kicauannya seperti : Selalu kekurangan pakan dan airminum, Sangkar jarang di bersihkan akbiatnya kotor dan pastinya bakal banyak bakteri atau parasit yang kemudian menginfeksi burung dan menyebabkannya jarang berbunyi, tempat menggantang sangkar sering terkena polusi udara. Misalnya polusi yang muncul dari asap, Burung terlalu sering digantang di tempat yang sering diterpa angin kencang atau berada dekat sumber angin seperti kipas angin dll, selalu terganggu oleh kehadiran binatang lain seperti kucing, tikus dll, Kenari selalu berada di dekat sangkar burung lain yang bersuara keras, Menggantung sangkar kenari di tempat yang terlalu lembab juga bisa menyebabkan burung malas berbunyi.

9. Memelihara lebih dari satu burung

Untuk memancing agar kenari menjadi lebih rajin berbunyi, Anda bisa memelihara lebih dari satu burung di rumah. Dengan demikian, kenari akan terpancing untuk saling bersahut-sahutan.

BACA JUGA :  Tips Dan Cara Merawat Burung Anis Biru Paling Lengkap Agar Cepat Gacor

Nah itulah tips atau Cara Merawat Burung Kenari Bakalan Supaya Rajin Berbunyi, anda juga dapat membaca tips dan trik lainya seputar burung lengkap di situs Cherewed.com. semoga informasi ini ini bermanfaat. dan salam kicau mania.