Cara Mengobati Burung Kenari Yang Kehilangan Suaranya

Cherewed.comPernahkah burung kenari anda suaranya tiba-tiba menghilang? tidak sedikit orang yang mengalami masalah seperti ini, yang tadinya burung tersebut rajin berbunyi tiba-tiba diam seperti di kuburan. krik.krik. hihi. biasanya masalah ini sering terjadi pada kenari yang sudah gacor maupun kenari yang masih belajar bernyannyi.

Tentunya kita tidak mau hal ini menimpa kepada burung kenari peliharaan kita, dengan demikian kita harus mengetahui asal mula kenapa suara burung kenari bisa tiba-tiba menghilang. jika hal ini terjadi kepada burung anda, anda jangan tergesa-gesa mengobatinya dengan cara tenggorokannya dicolok dengan batang jerami atau rumput. kasus ini pernah menimpa sahabat kicau mania, cara ini malah membuat kenari benar-benar kehilangan suaranya dan juga nyawanya.

Jika kalian ingin terhindar dari kasus ini, ayo kita teliti terlebih dahulu kenapa burung kenari yang sudah menggelembungkan tenggorokannya, tetapi tidak keluar suaranya. Berdasarkan pengalaman selama ini, ada beberapa faktor pemicu kenapa suara burung kenari menghilang, yaitu :

  • Kenari tidak pernah dikerodong pada malam hari, sehingga mengalami kondisi yang pada manusia disebut “masuk angin”. Ada banyak angin malam yang masuk ke pori-pori kulitnya, termasuk di bagian tenggorokan, sehingga mempengaruhi kotak suara yang disebut larynx.
  • Terkena infeksi di bagian tenggorokannya, terutama akibat infeksi tungau kantung udara.
  • Terkena penyakit gondok atau gangguan tenggorokan lainnya.
  • Kenari terkena penyakit psittacosis yang menyebabkan suaranya menjadi serak atau hilang. Gejala burung yang menderita penyakit ini antara lain mencret, lemah, bulu kusut, tidak mau makan, serta mata atau hidungnya berair.

Nah itulah permasalahan kenapa burung kenari kehilangan suaranya, untuk mengatasi permasalahan tersebut kita hbenar-benar harus tahu penyebebanya dahulu. dan berikut ini cara pencegahan supaya burung kenari tidak mengalami gangguan kehilangan suara :

  • Membiasakan untuk selalu mengkerodong burung kenari pada malam hari.
  • Menjauhkan kenari dari lubang tempat keluar-masuk udara atau angin, misalnya ventilasi udara atau saluran udara, AC, dan kipas angin.
  • Teratur memberikan vitamin dan antibiotik untuk mencegah kenari terkena serangan penyakit, termasuk suara yang tiba-tiba hilang. Vitamin ini sendiri beragam dan banyak di pasaran. Namun tidak banyak multivitamin lengkap untuk burung, yang sekaligus mengandung antibiotik. BirdVit merupakan multivitamin yang memenuhi dua kriteria tersebut, dan selama ini direkomendasikan oleh banyak kicaumania di Indonesia.
BACA JUGA :  Tips Mengetahui Burung Tledekan Bambu Yang Akurat Dari Segi Fisik

Lalu Bagaimana jika burung kenari sudah kehilangan suaranya?

Dan berikut ini merupakan tindakan yang aman untuk pengobatannya :

  • Berikan terapi pucuk daun mengkudu muda, sebagai ganti buah dan sayurannya selama dalam masa perawatan.
  • Mengganti air minum dengan air larutan selama masa perawatan. Untuk kenari, sebaiknya jangan menggunakan air minum yang masih mentah, Lebih disarankan menggunakan air matang atau air kemasan.
  • Jika kenari mengalami serak atau hilang suara akibat dari penyakit psittacosis, silakan diobati dengan BirdTwitter yang diteteskan langsung ke mulut burung sebanyak 2-3 tetes.
  • Jika burung kenari mengalami serak atau kehilangan suara akibat infeksi tungau kantung udara, silakan diobati dengan BirdFresh yang dioleskan langsung ke lokasi terinfeksi.
  • Untuk mengatasi kenari yang sakit gondok, silakan menggunakan BirdBlown. Caranya, obat ini dioleskan dulu ke telur puyuh rebus atau dicampur dalam air minum yang bersih.

Apabila burung kenari sudah kembali fit seperti sebelumnya, anda selanjutnya harus memberikan perawatan yang lebih extra dari biasanya. misalnya kebersihan kandang supaya bakteri dan jamur tidak memiliki kesempatan untuk berada di sangkar. cara-cara inilah yang harus anda gunakan untuk memulihkan suara burung kenari yang kehilangan suaranya. semoga bermanfaat.