Tips Dan Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kenari

Cherewed.com – Pernahkan anda mengalami burung peliharaan anda Mengalamai kebotakan? tidak sedikit orang yang menglami kebotakan pada hewan peliharaannya terutama burung kenari. pastinya para kicau mania pernah mengalaminya. pada umumnya kebotakan terjadi karena burung kenari mengalami kekurangan iodium untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan mineral pada pakannya.

Tetapi bagaimana jika kebotakan yang dialami burung peliharaan anda bukan disebabkan karena kekurangan iodim? tetntunya cara diatas tidak bisa di terapkan karena hal ini kasusnya berbeda. ada beberapa cara untuk mengatasi kasus yang satu ini, salah satunya dengan terapi minyak kemiri dan terapi daun lidah buaya.

Lalu Bagaimana Cara-cara Terapinya?

Minyak kemiri merupakan salah satu ramuan tradisional yang sering digunakan oleh orang-orang jaman dahulu (nenek moyang) untuk menyuburkan dan membuat rambut lebih hitam berkilau, bahan sampai saat ini minyak tersebut selalu digunakan sebagai bahan baku pembuat shampo.

Maka dari itulah minyak kemiri sering digunakan para penghobby kicau untuk mengatasi kebotakan pada burung peliharaannya terutama burung kenari. karena memang jenis burung kenari ini sering mengalami kerontokan pada bagian bulu tubuhnya, terutama pada bagian kepala dan leher.

Nah berikut ini akan admin sampaikan cara mengatasi kebotakan pada burung kenari melalui terapi minyak kemiri, selengkapnya bisa anda simak dibawah ini :

  • Pegang kenari secara lembut, Supaya burung merasa nyaman dan tidak mudah stres.
  • Sediakan sikat gigi yang halus dan celupkan ke air hangat, sikat daerah sekitar kulit yang mengalami rontok bulu secara pelan-pelan.
  • Setelah dikeringkan, bagian tersebut diolesi minyak kemiri.
  • Lakukan terapi minyak kemiri selama 6-7 hari berturut-turut.
  • Selama masa terapi, burung sebaiknya perlu diberi BirdMolt Pre untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu-bulu baru pada bagian kulit yang botak. BirdMolt/BMT Pre terdiri dari multi vitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang diracik khusus untuk menumbuhkan bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.
BACA JUGA :  3 Tips Dan Cara Merawat Burung Prenjak Atas Agar Gacor Setiap Hari Paling Lengkap

Mengatasi Kebotakan Dengan Menggunakan Daun Lidah Buaya

Pemanfaatan lidah buaya atau Aloe vera untuk burung kicauan juga sudah lama dilakukan para penangkar burung di mancanegara. Manfaat lidah buaya antara lain sebagai zat antiseptik yang membantu menghentikan pendarahan akibat luka.

Lidah buaya memiliki kandungan glycoprotein yang bisa merangsang pertumbuhan bulu dan rambut. Karena itulah, lidah buaya juga bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi kebotakan pada burung kenari anda.

Cara penggunaan lidah buaya :

  • Pertma-tama Potong selembar daun lidah buaya yang masih segar. Selanjutnya iris daun tersebut untuk diambil dagingnya saja.
  • Daging lidah buaya yang mengandung lendir atau gel dioles-oleskan ke sekitar kulit kenari yang mengalami kebotakkan.
  • Lakukan terapi ini setiap pagi selama 6-7 hari berturut-turut.
  • Selama masa terapi, burung tetap diberi BirtdMolt Pre untuk merangsang pertumbuhan bulu-bulu baru.

Terpai ini tidak hanya dapat digunakan pada burung kenari saja namun bisa juga digunakan untuk burung-burung kecil seperti pleci dan burung lainnya. bagaimana, apakah anda mau menggunakan cara-0cara yang sudah admin sampaikan diatas? tidak ada salahnya untuk mencobanya supaya burung kenari anda terbebas dari kebotakan.

Demikianlah informasi mengenai Tips Dan Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kenari yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat. salam kicau mania.