Cara Mengatasi Burung Murai Batu Bersuara Ngeban/Ngukluk

Cherewed.com – Burung murai batu merupakan jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan lantang. maka tidaklah heran di indonesia, banyak sekali peminat burung murai batu. selain itu juga burung tersebut bisa menirukan burung jenis lainnya. sehingga apabila  burung mengeluarkan suara, suaranya akan terdengar bervariasi. inilah kemampuan burung murai batu. tidaklah heran murai batu ini selalu dijadikan perlombaan dengan suaranya.

Namun terkadang banyak persoalan yang dialami burung yang satu ini, burung murai batu juga ada yang kerap bersuara kicauan yang sama secara berulang-ulang, yang biasa kita sebut suara ngeban atau ngukluk. Banyak penyebab burung murai batu bersuara ngeban dan akan admin bahas di artikel sekarang ini.

Lalu Apa Penyebab Burung Murai Batu Ngeban?

Pada umumnya burung murai batu mengeluarkan suara ngukluk atau ngeban merupakan proses alamiah yang terjadi pada murai batu. Dan biasanya, murai batu akan ngukluk ketika burung selesai di rawat, seperti dimandikan dan dijemur, setelah burung ngukluk, biasanya burung akan mengeluarkan suara ngeriwik, bisa pelan dan bisa juga keras, dan pada saat itu, burung akan mengeluarkan suara isian dan pada tengah hari, burung akan ngukluk kembali.

Ketika siang hari menjelang sore hari, burung akan mengeluarkan suara ngeriwik keras yang di susul dengan suara isian yang bervareasi, dan ngukluk kembali pada sore hari.

Selain fase alamiah, murai batu yang sering mengeluarkan suara ngeban juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Kondisi murai batu kurang fit
  • Murai batu sering di dekatkan dengan murai batu yang memiliki suara asli alam liar/ suara murai hutan
  • Birahi murai batu kurang cukup atau kurang birahi
  • Ketika melakukan perawatannya, murai batu kurang di master
BACA JUGA :  Jenis Dari Burung Rambatan Loreng Yang Pas Untuk Di Jadikan Masteran Burung Kicau Lain

Itulah salah satu penyebab burung murai batu ngeban, dan sekarng bagaimana cara mengatasinya? simak dibawah ini :

Cara Mengatasi Murai Batu Ngeban

Untuk merawat murai batu yang sering ngeban yang di sebabkan oleh pola perawatan yang kurang tepat, maka untuk membuat murai batu gacor adalah dengan cara merubah perawatannya lebih baik lagi, diantaranya :

  • Berikan pakan dengan jumlah yang cukup dan bervareasi antar jenis pakan, seperti ekstrafooding, Voer, dan lain sebagainya
  • Berikan multivitamin atau suplementasi
  • Pengembunan dilakukan setiap hari dan rutin
  • Berikan terapi dengan memutar suara alam
  • Rutin untuk di master
  • Secara rutin, burung di umbar, yang dilakukan setiap 2 – 3 kali dalam seminggu

Jika anda sudah melakukan tahapan-tahapan diatas, namun burung murai batu anda masih ngeban anda bisa menggunakan cara tambahan berikut ini :

  • Terapi Semprot Air Dingin, Terapi semprot dengan air dingin ini dilakukan ketika burung sedang berkicau ngeban/ngukluk/mengeluarkan suara setan. Air dingin yang di gunakan adalah air dingin dari kulkas bagian sayur ( bukan bagian Freezer ). Dengan menyemprot dengan air dingin bertujuan agar burung menjadi kaget ketika berkicau ngeban dan burung akan berhenti berkicau ngeban. Proses ini bisa memakan waktu hingga beberapa hari, 3 -4 hari dan bisa beberapa minggu.
  • Jangan Full Krodong, Hindari untuk full krodong gelap pada murai batu yang ngeban, karena dapat membuat burung menjadi stress, dan akan kehilangan orintasi siang dan malam.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Mengatasi Burung Murai Batu Bersuara Ngeban/Ngukluk, semoga bermanfaat bagi para kicaumania yang mengalami masalah yang sama.