Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Selalu Gigit Ring

Cherewed.com – Ring pada bagian kaki burung merupakan benda yang sering digunakan para peternak burung untuk sebuah penanda atau identitas penangkaran dan untuk mengetahui silsilah keturunan burung tersebut.

Tidak sedikit orag yang mengeluh kenapa burung peliharaannya selalu mematuki ring yang terpasang pada kakinya, mereka yang tidak paham biasanya akan langsung memotong ring tersebut tanpa tanpa terlebih dahulu mencari tahu apa sebenarnya penyebab dari burung menggigit ring.

Ring yang terpasang di kaki burung sejak berumur 10 hari, itu terkadang dianggap sebagai pemicu beragam masalah yang muncul di kemudian hari. ketika  burung kenari sering terlihat mematuki  ring yang menempel pada kakinya, banyak orang beranggapan bahwa itu terjadi karena burung merasa risih dan terganggu oleh ring yang terpasang dikakinya. akbitanya tidak sedikit orang yang memotong ring tersebut tanpa tidak mencari penyebabnya terlebih dahulu.

Lalu Apa Penyebab Kenari Mematuki Ring?

Burung kenari yang sering menggigit ring biasanya terjadi akibat infeksi mikroorganisme seperti bakteri atau jamur pada bagian kulit yang selama ini tertutup oleh ring. apbila kondisi seperti ini dibiarkan tanpa dilakukan perawatan dan pengobatan, maka akibatnya akan benar-benar fatal. seperti kaki burung akan terluka dan bengkak dan pastinya akan mengganggu aktifitasnya. hal ini memang sepele namun sekarang sudah anda ketahui akibatnya.

Nah dengan demikian sebelum anda memutuskan untuk memotong ring tersebut, Sebaiknya anda melakukan beberapa metode perawatan atau pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut. ada 2 metode yang akan admin sampaikan disini, silahkan simak :

  • Rendamlah kaki burung kenari dalam air garam hangat, setiap hari selama 3-5 menit, sampai jamur atau sisik yang menempel pada kaki burung mengelupas dengan sendirinya.
  • Oleskan obat khusus BirdCream pada bagian kaki burung kenari yang tertutup ring. Obat ini mengandung zat antiparasit dan antibakteri yang dibuat khusus untuk menghilangkan kerak di kaki burung yang disebabkan oleh cascado dan scabies, serta dapat mengatasi beragam masalah lainnya pada kaki burung kenari dan burung lainnya.
BACA JUGA :  Cara Merawat Burung Love Bird Agar Cepat Gacor Dan Penyetelan Untuk Di Lombakan.

Kesimpulan yang diambil harus dipikirkan dengan tepat, jadi ketika burung kenari melakukan hal-hal yang biasanya jarang dilakukan kita harus menyelidikinya terlebih dahulu, setelah ketemu masalahnya barulah ambil tindakan.

demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Selalu Gigit Ring, semoga cara ini bermanfaat bagi anda yang memiliki keluhan yang sama seperti yang sudah disebutkan diatas.