Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

Cherewed.com – Masih membahas tentang burung kenari, burung kenari merupakan burung yang memiliki suara merdu dan juga burung ini bisa meniru berbagai suara burung kicau lainnya. tetapi disamping itu burung ini juga mudah mengalami macet bunyi. sehing disarankan untuk memperhatikan pola perawatan yang sangat tepat agar kondisinya bisa tetap setabil dan terus berkicau. Macet bunyi adalah kondisi di mana burung yang semula rajin bunyi (gacor) tiba-tiba berubah menjadi jarang atau tak mau berbunyi lagi.

Penyebabnya burung kenari macet bunyi memang bervariasi, diantaranya bisa karena stres, sakit atau mabung hingga stres akibat sangkar terjatuh atau diserang predator. dan postur tubuh terlalu gemukpun bisa menjadi penyebab burung ini macet bunyi.

Kenari yang macet bunyi harus mendapat perawatan ekstra, khususnya melalui pemberian pakan bergizi, penambahan suplemen, serta pola rawatan rutin lainnya. Jika telaten melakukan perawatan ekstra, dalam waktu tidak terlalu lama kenari akan kembali sediakala yaitu aktif dalam nerkicau/nyanyi.

Dan berikut ini akan admin sampaikan beberapa langkah mengatasi burung kenari macet bunyi :

Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

1. Simpan Burung Di Tempat Tenang

Solusinya adalah jauhkan burung yang bermasalah tersebut dari burung lainnya, terutama burung-burung yang memiliki suara keras. Kalau tidak, kenari makin stres sehingga menyulitkan proses pemulihannya. dan kita harus benar-benar fokus memperhatikan perawatannya, banyak yang mengalami macet bunyi dikarenakan perawatan sangkarnya yang kurang teliti seperti menggunakan sangkar yang baru dibeli, karena terkadang sangkar yang baru dibeli masih berbau cat. hal tersebut haru benar-benar kita priksa dulu.

karena salah satu kenari macet bunyi itu tidak nyaman terhadap sangkar baru dengan aroma cat yang menyengat. Dalam kasus lain, kenari juga mulai bermasalah ketika tidak nyaman dengan tenggeran yang disediakan.

BACA JUGA :  Merawat Ciblek Agar Cepat Ngebren

2. Berikan pakan bergizi

Selama masa isolasi di tempat tenang, berikan pakan yang lebih bergizi daripada sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian pakan yang bervariasi, seperti aneka sayuran dan buah-buahan disertai pemberian pakan bijian. berilah buah apel agar lebih rajin berbunyi. Kandungan gizi dalam buah apel bisa untuk memulihkan kondisi dan membantu meningkatkan stamina. Berikan potongan apel merah dengan cara digantung dalam sangkar hariannya.

Ada beberapa jenis daun yang dapat memulihkan kondisi burung kenari yang macet berbunyi, diantaranya :

  • Dedaunan yang berasal dari tanaman liar seperti mengkudu, krokot atau daun ginseng. Berikan variasi dedaunan tersebut setiap hari secara bergantian.
  • Jagung dapat menaikkan birahi burung kenari, sehingga bisa kembali rajin bunyi. Pilihlah jagung manis yang masih muda.
  • Sayuran seperti daun sawi, brokoli dan sebagainya bisa diberikan sebagai pakan tambahan yang mampu memberikan nutrisi tambahan bagi dibutuhkan burung.

Yang harus kalian ingat, biasakanlah memberi pakan buah dan sayuran yang masih segar serta terbebas dari bahan kimia.

3. Pengaturan perawatan harian

Perawatan harian yang dibutuhkan untuk memulihkan kenari macet bunyi adalah pengembunan, mandi, dan jemur. Lakukan semua ini secara teratur setiap hari. Mandi bisa dilakukan 1-2 kali per hari. Adapun penjemuran dilakukan pada pagi hari, dengan durasi tidak lebih dari 2 jam.

4. Berikan multivitamin dan suplemen tepat

Untuk membantu mempercepat pemulihan kenari macet bunyi, Anda perlu memberi suplemen seperti TestoBird Booster (TBB) yang diracik khusus untuk burung macet bunyi karena kekurangan testosteron dan kehilangan daya tarung. Untuk Membantu menjaga kondisinya sepanjang hari, dan untuk menjadikannya makin aktif sehingga terpancing untuk kembal berkicau, Anda bisa memberikan multivitamin seperti BirdVit yang dilarutkan dalam air minum.

BACA JUGA :  Manfaat dan Efek Samping Kecubung untuk Lovebird

Jika ingin burung kenari anda memiliki suara maksimal silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul Suara Burung Kenari Anda Maksimal? Coba Dengan Ramuan Ini!! dan banyak tips lain yang bisa anda teraptak di situs cherewed.com. semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.