Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung Murai Batu Yang Tumbuh Miring

Cherewed.com – Burung murai batu selain memiliki suara yang merdu, burung ini juga memiliki keindahan lain yaitu memiliki ekor yang panjang. tentunya hal ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para kicau mania di indonesia. walaupun banyak diantara mereka yang kewalahan dalam merawat burung tersebut, utamanya pada saat burung tersebut dorong ekor. masalah yang sering terjadi adalah ekornya tidak tumbuh dengan lurus dan malah miring.

Jika pada saat burung kenari peliharaan anda memasuki proses dorong ekor, maka anda harus memberikan perawatan yang tepat supaya burung murai tersebut memiliki ekor yang lurus dan panjang, kuat dan juga sehat. jika anda salah dalam merawatnya maka akibatnya ekor mudah rusak dan patah.

Banyak orang-orang yang kecewa karena bulu ekor burung murainya tumbuh miring sesudah proses dorong ekor selesai. karena selain tidak nyaman dilihat bulu ekor miring terkadang dicabuti sendiri oleh burung murai tersebut. akibatnya pertumbuhan ekornya akan semakin teganggu.

Biasanya, bentuk ekor yang miring disebabkan oleh posisi istirahat burung yang terlalu menempel jeruji sangkarnya. Karena itu, sebaiknya menggunakan tenggeran khusus, yaitu tenggeran berbentuk huruf T. Bisa juga diakali dengan memberi jarak antara tenggeran dan jeruji sangkar. Penggantian tenggeran ini perlu dilakukan terutama ketika murai batu sering tidur dengan menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung Murai Yang Terlanjur Tumbuh Miring?

Cara paling sederhana tapi efektif adalah memandikan burung murai batu secara rutin. Jika burung tersebut biasanya dimandikan 2 – 3 kali seminggu, maka dalam kasus ini murai batu perlu dimandikan rutin setiap hari, pagi dan sore. Selain itu, Anda juga bisa menyemprot halus bulu ekor yang tumbuh miring, untuk merangsang burung merapikan ekornya. Jika dilakukan secara rutin, maka ekornya akan kembali normal dan bisa tumbuh sempurna.

BACA JUGA :  Tips Mencegah dan Mengobati Gigitan Nyamuk Pada Burung Kenari

Untuk mendukung pertumbuhan bulu ekor yang kuat sehingga tidak mudah miring atau rusak, burung sebaiknya diberikan multimineral seperti BirdMineral. Berikan mineral ini secara rutin selama proses pertumbuhan ekornya sedang berlangsung.

Nah itulah Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung Murai Batu Yang Tumbuh Miring, Silahkan terapkan cara-cara yang sudah admin sampaikan diatas apabila anda sayang sama burung kenari anda. hal yang paling utama dari cara ini adalah perawatannya yang harus di perhatikan dengan ekstra.

Kami ucapakan terimakasih karena telah berkunjungke situs cherewed.com, banyak informasi seputar burung disini yang bisa anda jadikan refrensi untuk perawatan burung peliharaan kesayangan anda.