Cara Mencegah Dan Mengatasi Burung Kenari Gemuk

Cherewed.comApakah anda memiliki burung kenari yang kegemukan? Kegemukan selalu menjadi salah satu maslah yang sering dialami burung peliharaan, Apalagi kalau gemukan ini terjadi kepada burung kenari akan mengakibatkan cendrung malas berkicau/bernyanyi karena bobotnya bertambah berat sehingga akan sedikit malas untuk beraktivitas.

Pada umumnya, burung kenari akan selalu memakan apa saja makanan yang disukainya. Begitu burung tersebut menyukai jenis pakan tertentu, dia akan terus mengkonsumsinya tanpa kenal waktu dan aturan. maka dari itulah akan berdampak burung rentan mengalami kegemukan dan makin malas bergerak, apalagi bernyanyi.

Lalu Bagaimana cara mencegah burung kenari agar tidak gemuk? dan bagaimana cara mengatasi burung yang sudah terlanjur gemuk?

Pertanyaan diatas yang sering kami terima dari para kicaumania. maka dari itulah disni akan kami jelaskan secara detail untuk solusi pertanyaan diatas. Dan Berikut ini beberapa jenis pakan yang bisa menyebabkan burung kenari mudah mengalami kegemukan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Bijian berwarna hitam, pakan yang satu ini memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada bijian dengan warna lain seperti merah atau putih. Meski begitu, banyak kenari yang menyukai jenis bijian hitam.
  2. Telur rebus, burung Kenari yang terlalu sering mengkonsumsi telur puyuh atau telur ayam rebus mudah mengalami kegemukan. Pakan tambahan ini memang sangat disukai oleh semua jenis kenari. Mereka akan terus memakannya sampai habis.
  3. Buah-buahan dengan kadar gula tinggi, Beberapa jenis buah memiliki kadar gula cukup tinggi. Sebaiknya hindari atau jangan terlalu sering diberikan agar kenari tak mudah mengalami kegemukan. Selain menyebabkan kegemukan, buah yang berkadar gula tinggi juga berdampak kurang baik bagi kesehatan burung.
BACA JUGA :  4 Proses Perawatan Burung Lovebird Paud Agar Siap Mengikuti Lomba Dan Tampil Maksimal

Cara Mencegah Burung Kenari gemuk

  • Mengurangi pakan bijian berwarna hitam, Mengurangi pakan biji-bijian berwarna hitam seperti niger seed bisa membantu mencegah kegemukan pada kenari. Maka dari itulah berikan pakan bijan berwarna hitam dalam cepuk terpisah, namun hanya diberikan beberapa hari sekali.
  • Membatasi pemberian telur rebus, Telur rebus memang baik untuk menambah stamina dan membantu meningkatkan birahi. Namun jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan berbagai gangguan, termasuk kegemukan. Karena itu, Anda perlu membatasi pemberian telur rebus, misalnya cukup diberikan setiap 3-4 hari sekali.
  • Memilihkan buah-buahan secara tepat, Apel termasuk salah jenis buah yang selama ini dianggap aman bagi kenari. Namun pemberiannya dilakukan dengan cara dipotong kecil-kecil dan ditempatkan dalam cepuknya, atau digantung dalam sangkar hariannya. Selain sebagai penambah stamina, apel dipercaya bisa mencegah kegemukan.
  • Berikan sayuran hijau setiap pagi, Sayuran hijau termasuk pakan penting yang bisa diberikan setiap hari kepada kenari. Sayuran hijau juga bisa mencegah kegemukan jika diberikan secara tepat. Berikan sayuran hijau pada pagi hari setelah terlebih dahulu mencabut pakan bijiannya, atau berikan saat kenari sedang dijemur.

Mengatasi Burung Kenari Yang Sudah Terlanjur Gemuk

Beberapa terapi berikut ini bisa dilakukan :

  • Berikan penjemuran dengan durasi yang cukup
  • Menambah jumlah tenggeran dalam sangkarnya
  • Melatih burung dalam kandang umbaran

Nah itulah Cara Mencegah Dan Mengatasi Burung Kenari Gemuk dan cara mencegahnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi para kicaumania, like dan share apabila cara ini bisa membantu anda dalam mengambil tindakan untuk burung kenari yang gemuk.