Cara Memulihkan Burung Kenari Yang Bersuara Serak

Cherewed.com – Cara Memulihkan Burung Kenari Yang Bersuara Serak,- Tidak sedikit para penghoby burung kenari pasti pernah mengalami burngnya bersuara serak, suara serak pada burung kenari peliharaan anda tentunya sangat tidak enak didengar. dan juga hal ini bisa mengakibatkan penampilannyapun akan terganggu. masalah inilah yang selalu membuat risau para kicaumania apabila mau ikut lomba.

Memang suara serak pada burung kenari dapat sembuh dengan sendirinya walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika masalah ini disebabkan oleh infeksi atau gangguan kesehatan, maka harus segera ditangani sebelum burung menjadi bisu permanen. wah tentu hal ini harus benar-benar diatasi dengan cepat kalau tidak mau burung kenari anda benar-benar bisu.

Lalu Apa Penyebab Burung Kenari Serak?

  • penyebab burung kenari serak bisa disebabkan Perubahan suhu dan kelembaban udara. Misalnya, kenari terlalu lama dijemur. Hal ini dapat mengakibatkan pengeringan pada jalur suaranya, sehingga burung tidak dapat bernyanyi dengan baik.
  • Infeksi pada saluran pernafasan, terutama trakhea dan bronkus. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi tungau kantung udara burung selalu terpapar asap terutama rokok, pembakaran sampah, masakan, dan asap kendaraan serta sangkar dan lingkungan sekitarnya yang kotor. penyebab ini harus benar-benar diperhatikan. jauhkanlah dari hal-hal tersebut.

Untuk menangani burung yang bersuara serak, tentunya harus disesuaikan dengan sumber penyebabnya sehingga kita bisa melakukan penangan dan pengobatan secara tepat dan cepat.

Cara Mengatasi Suara Serak Pada Burung Kenari :

  • Amati perilaku kenari ketika bernafas. Misalnya paruh selalu terbuka ketika bernafas, ekor naik turun, atau muncul suara tertentu ketika burung bernafas. Kondisi ini berarti burung mengalami gangguan infeksi pada saluran pernafasannya, sehingga harus diberi antibiotik dan obat khusus pernafasan seperti BirdTwitter atau BirdFresh.
  • Salah satu cara mendeteksi adanya infeksi adalah menyimpan burung dalam ruangan yang gelap dengan mematikan lampu ruangan. Jika mendengar suara “klik” yang keluar dari kenari, kemungkinan besar burung terinfeksi tungau kantung udara.
BACA JUGA :  Proses Memaster Murai Batu Yang Tepat Dan Sudah Terbukti Hasilnya

Mengobati kenari yang terinfeksi tungau kantung udara dapat dilakukan dengan menggunakan BirdFresh yang dioleskan pada bagian tengkuk dan leher secara teratur.

Pola perawatan harian yang bisa anda terapkan untuk memulihkan suara serak burung kenari anda :

  • Berikan air larutan sebagai pengganti air minumnya untuk sementara waktu.
  • Mandikan burung secara rutin, tetapi durasi penjemuran dikurangi atau bahkan dihentikan untuk sementara waktu, sampai kondisinya kembali pulih.
  • Jauhkan burung terinfeksi dari burung peliharaan lain.
  • Menggantang sangkarnya di tempat aman yang tidak terpapar asap atau embusan angin kencang.
  • Selalu mengerodong sangkarnya pada malam hari.
  • Rutin membersihkan sangkar dan lingkungan dii sekitar sangkar.
  • Melengkapi kebutuhan hariannya dengan menyediakan multivitamin dan multimineral tambahan.

Nah itulah artikel mengenai Cara Memulihkan Burung Kenari Yang Bersuara Serak yang dapat kami berikan kepada anda lengkap dengan ciri-ciri penyebab burung kenari bersuara serak. terimakasih karena sudah berkunjung ke situs chrewed.com. salam sedulur kicaumania.