Cara Membuat Burung Murai Batu Yang Terlalu Jinak Menjadi Liar

Cherewed.com – Apakah anda memiliki burung murai batu yang benar-benar jinak? burung murai batu yang sangat jinak biasanya memiliki karakter yang manja dan terkadang burung tersebut malas untuk berbunyi, tidak segacor dan seaktif burung yang lebih liar.

Jika anda memiliki burung yang malas karena faktor kejinakannya maka anda harus sangat memperhatikan dari segi perawatanya. tentunya siapapun ingin burung peliharaanya aktif dan gacor kan. maka dari itu disini admin akan memberikan suatu cara supaya burung murai batu anda menjadi lebih liar dan aktif dalam berkicau.

Cara Membuat Burung Murai Batu Yang Terlalu Jinak Menjadi Liar

Dikarenakan terlalu jinak pada burung murai batu, hal tersebut dapat membuat burung menjadi sangat manja, jarang berkicau dan cenderung sering mondar-manding menunggu pemiliknya memberikan makanan, bagi anda yang ingin mengatasinya sebaiknya simak tips dibawah ini :

  • Stop Meloloh Murai Batu, Untuk burung murai batu yang masih anakan yang di bantu loloh ketika mengkonsumsi makanan tentunya perlu untuk dibantu di loloh. Namun, ketika burung sudah mau belajar makanan sendiri, maka sebaiknya stop untuk melolohnya, karena bisa membuat burung menjadi manja.
  • Kurangi Interaksi dengan Murai Batu, Agar burung murai batu tidak terlalu jinak, maka atur waktu beristiraksi dengan burung tersebut. Dengan mengurangi interaksi dengan murai batu yang terlalu jinak, maka akan membuat burung menjadi liar kembali secara bertahap. Lakukan interaksi pada saat memberikan makan, memandikan, menjemur, sebisa mungkin kurangi interaksi sebisa mungkin. Selain itu, jika biasa di ajak bicara, maka sebaiknya untuk proses membuat murai batu liar, jangan ajak bicara terlebih dahulu. Dan ketika memberikan makanan pun langsung meletakkannya di tempat pakan dan jangan terlalu lama terlihat oleh burung tersebut.
  • Jangan Berikan Jangkrik Secara Langsung, Ketika memberikan pakan, seperti pakan jangkrik, sebaiknya jangan diberikan secara langsung menggunakan tangan, tapi cukup meletakan saja di cepuk pakan jangkrik yang telah di sediakan.
  • Krodong Sangkarnya, Krodong sangkarnya dan simpan di tempat yang sepi dan jauhkan pula dari burung murai batu lainnya agar sifat agresif alaminya muncul kembali. Lakukan cara di atas secara rutin hinga perubahan murai batu yang manja dan jarang berkicau kembali menjadi agresif dan menjadi rajin berkicau.
BACA JUGA :  Cara Membuat Pakan Racikan Terbaik Untuk Burung Kenari

Nah ke empat cara diatas bisa dijadikan acuan untuk menjadikan burung murai batu anda menjadi liar dan lebih aktif juga rajin berbunyi. dan apbila burung murai batu anda malah menjadi kehilangan nafsu makannya. maka anda bisa menggunakan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Kehilangan Nafsu Makan yang terdapat di situs Cherewed.com. nah itulah yang dapat admin sampaikan. semoga bermanfaat dan salam kicaumania.