Cara Memberikan Pakan Yang Tepat Untuk Anakan Kenari Tumbuh Lebih Cepat

Cherewed.com – Pada artikel sebelumnya admin sudah memberikan tips dan cara merawat burung kenari yang sudah tua. Nah untuk kali ini admin akan memberikan juga tips memberikan pakan yang tepat untuk anakan burung kenari supaya tumbuh dengan cepat. budidaya burung kenari memang bukan lagi sesuatu hal yang sulit dilakukan.

Saat ini memang banyak sekali para penghobby burung kicau juga pemula yang berhasil menangkar jenis burung ini. karena memang salah satu kunci suksesnya dalam breeding burung kenari adalah perawatannya dan pemberian pakan yang tepat. terutama setelah telur-telur kenari menetas menjadi anakan atau piyik.

Indukan burung kenari mengerami telur-telurnya selama 12-14 hari, sesudah itu anakan kenari akan muncul dari balik cangkangnya dalam kondisi tidak memiliki bulu dan belum bisa melakukan pa-apa tanpa bantuan induknya. tapi dengan perawatan yang baik dan pemberian pakan yang tepat anakan burung ini akan tumbuh dengan cepat.

Biasanya sesudah menetas, anakan burung kenari akan selalu merasa lapar. Karena itulah, setelah memasuki hari ke-12 masa pengeraman, kita harus menyediakan beragam pakan bernutrisi tinggi untuk membantu induk merawat anak-anaknya nanti. Selain itu, pakan tersebut juga dibutuhkan untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan anakan kenari tersebut.

Inilah Beberapa jenis pakan yang biasa diberikan dalam perawatan burung kenari di kandang ternak :

  • Pakan biji-bijian
  • Pakan tambahan
  • Buah dan sayuran
  • Vitamin dan mineral

1. Pakan biji-bijian

Pakan bijian yang diberikan umumnya terdiri atas campuran biji-bijian yang banyak dijual dalam bentuk kemasan. Selain diberikan dalam bentuk kering , pakan biji-bijian tersebut kadang diberikan dalam bentuk lain yang umum dilakukan oleh penangkar burung kenari di indonesia, yaitu :

  • Memberikan biji-bijian rebus. Caranya, rebus pakan bijian selama 20 menit, lalu didinginkan dalam kulkas. Pakan bijian rebus diberikan sebanyak 1 sendok teh pada pagi dan sore harinya dalam waktu 3 – 4 minggu.
  • Memberikan bijian yang berkecambah. Biji-bijian yang berkecambah memiliki kandungan vitamin dan mineral lebih tinggi daripada bijian kering/normal.
BACA JUGA :  Jenis Perbedaan Antara Jantan Dan Betina Pada Burung

2. Pakan Tambahan

Berbeda dari jenis burung kicauan pemakan serangga, pakan tambahan untuk burung kenari adalah telur rebus dan egg food. Telur rebus dibuat dengan merebus telur ayam atau telur puyuh selama 20 menit. Setelah itu dipotong menjadi dua, dan digantungkan di dalam kandang ternaknya. Adapun egg food terdiri atas campuran telur rebus, sepotong roti, dan sedikit minyak zaitun.

3. Buah dan sayuran

Pakan buah dan sayuran ini wajib diberikan kepada burung kenari pada masa breeding, Berikan buah apel setiap pagi hari sebagai menu sarapan bagi induk untuk meloloh anak-anaknya. Adapun sayuran yang sering diberikan kepada kenari adalah sayuran berdaun dan parutan wortel. jika anda memberikan pakan yang tepat maka dalam waktu 2-3 minggu setelah menetas, nakan kenari mampu keluar dari sarangnya, meski selama beberapa minggu ke depan mereka tetap diloloh oleh kedua induknya.

4. Vitamin dan mineral

Pemberian vitamin dan miner juga merupakan salah satu hal yang paling penting, hal ini supaya indukan tetap dalam kondisi prima, terutama saat merawat dan meloloh anak-anaknya. Indukan yang sehat tentu akan mampu merawat anak-anaknya dengan baik. Selain itu, kondisi anak-anaknya pun akan terjaga sehingga membantu mempercepat pertumbuhannya.

Itulah tahapan-tahapan yang harus anda lakukan jika anakan burung kenari anda sehat dan cepat besar. informasi ini kami ambil dari berbagai sumber, salah satunya om kicau. terimakasih karena telah membaca artikel ini. jangan lupa like dan share kepada teman-teman kalian sesama penghobby burung kicau.