Cara Melatih Burung Murai Batu Supaya Bermental Jawara

Cherewed.com – Masih membahas seputar burung murai batu, Anda yang memiliki burung peliharaan seperti burung murai batu tentunya ingin burung tersebut memiliki mental seperti preman atau jawara. karena dengan mental ini lah burung kamu akan berani bersaing di perlombaan burung kicau. karena lawan di perlombaan tentunya memiliki mental-mental yang bagus, maka dari itulah merka masuk ke dalam perlombaan.

Supaya burung murai batu anda bermental jawara tentunya harus dilatih dengan baik, Apapun jenis burung yang kalian punya entah itu di beli dari penangkaran atau hasil tangkapan hutan, maka agar burung ketika di pelihara memili kicauan yang baik , serta mental yang baik, maka butuh melatihnya terlebih dahulu.

Untuk merawat burung yang biasa dan burung yang suka diperlombakan tentunya memiliki perawatan dan pelatihan yang sangat berbeda, biasanya burung yang suka dilombakan memiliki treatmen khusus. Untuk treatmen ini tentunya berbeda-beda.

Dan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Cara Melatih Burung Murai Batu Supaya Bermental Jawara atau mental preman. Dan untuk melatih mental burung murai batu tentunya bisa dimulai pada saat burung masih anakan, perkiraan 6 bulan dimana perubahan bulu trotol ke dewasa sudah tumbuh.

Cara Melatih Burung Murai Batu Supaya Bermental Jawara

  • Hal pertama yang harus bisa dilakukan adalah dengan mendekatkan burung murai batu yang akan dilatih mental tersebut ke murai batu lain, bisa menggunakan 3 sampai 4 burung dewasa yang gacor dengan jarak 4 sampai 6 meter, dengan posisi burung yang sedang dilatih mentalnya di simpan di lantai.
  • Burung Murai batu yang sedang dilatih mentalnya, biarkan menggunakan krodong secara full, biarkan burung tersebut mendengarkan suara murai batu lainnya. Setelah mendengarkan suara murai batu gacor, biasa burung akan ada yang langsung membalas dan ada juga yang hanya fokus mendengarkan suara kicauannya
  • Ketika burung sudah mau membalas kicauan, maka biarkan hingga beberapa menit terus berkicau, dan ketika kicauannya terlhiat ngotot, maka buka krodongnya sedikit, sehingga bisa mengintip lawannya dari celah krodong yang di buka tersebut
  • Ketika burung mulai mengintip lawannya sambil berkicau, maka buka krodongnya secara penuh dan biarkan berkicau selama 30 detik dan setelah itu tutup kembali krodongnya secara full dan biarkan burung tersebut berkicau selama 10 sampai 15
  • Buka kembali krodong tersebut selama 30 detik, dan biarkan berkicau
  • Setelah itu, burung di jauhkan dari murai batu gacor tersebut, dan membiarkannya berkicau sendiri di tempat tersebut
BACA JUGA :  Cara Mengatasi Bulu Ekor Burung Murai Batu Yang Tumbuh Miring

Cara ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, paling tidak dalam seminggu dilakukan sebanyak 2 kali dan membutuhkan 5 sampai 8 kali latihan untuk hasil yang maksimal. Jika sudah memiliki hasil yang diinginkan. selanjutnya anda tinggal selalu memperhatikan perawatan dan pakannya yang tepat.

Nah itulah informasi yang dapat sampaikan kepada anda, silahkan bagi anda yang ingin menggunakan cara-cara ini supaya burung anda memiliki mental jawara. semoga artikel ini bermafaat dan salam kicaumania.