Fakta Unik dan Menarik Burung Kenari Lizard Bersisik Kadal

Cherewed.com – Burung kenari lizard merupakan salah satu jenis burung kenari yang unik, kenapa bisa disebut unik? karena memiliki corak seperti kadal. maka dari itu jenis burung ini masuk kepada kategori Kenari warna atau colour bred canary. Sehingga dapat dipastikan keunggulan burung Kenari Lizard bukan terletak pada postur tubuh atau suaranya, melainkan warnanya yang khas seperti sisik kadal. Warnanya pun lebih unik bila dibandingkan dengan bulu Kenari lainnya. Maka tidaklah heran banyak orang yang ingin memiliki burung kenari lizard ini.

Berbicara tentang burung kenari lizard ini ternyata memiliki sejarah dan merupakan burung tertua dalam varietas burung Kenari warna, Pada tahun 1700-an, burung Kenari Lizard mulai dikembangkan di Perancis. saat itulah , penyebaran burung Kenari jenis ini bertambah luas hingga ke seluruh dunia, termasuk negara kita Indonesia.

Sayangnya, pada tahun 1900-an burung Lizard ini dikabarkan hampir punah.hal ini disebabkan oleh perang dunia dan meluasnya wabah penyakit pada saat itu. Meski begitu, pada tahun 1940-an burung Kenari Lizard mulai dibudidayakan lagi supaya tetap ada dan tidak punah.

Fakta Unik dan Menarik Burung Kenari Lizard Bersisik Kadal

1. Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Karena burung ini sudah ada sejak ratusan tahun maka tidaklah heran orang-orang menyebut jenis burung kenari ini  FOSIL HIDUP, Deskripsi mengenai kenari ini telah dipublikasikan sejak thn 1742, tetapi telah dikembangkan di Prancis sejak awal thn 1700an.

2. Bukan Jenis Burung Kenari Umum

Kenari lizard menjadi satu-satunya jenis kenari yang tidak umum, dan tidak termasuk dalam kelompok kenari tipe warna, postur, ataupun penyanyi. burung ini lebih dianggap sebagai kenari motif yang mudah dikenali dari corak-corak pada bulunya.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Selalu Gigit Ring

3. Kenari Hias Yang Mewah

Meski mempunyai suara-suara yang menarik, kenari ini lebih dianggap sebagai burung hias yang sangat mewah terutama karena motif bulu-bulunya yang sangat kontras dan seperti sisik kadal.

4. Memiliki Struktur Warna Yang Berbeda

Warna dasar Kenari jenis ini sangat berbeda dari jenis-jenis Kenari lainnya, khususnya dari rona dan intensitasnya. Hal itu disebabkan kombinasi struktur bulu, bagian dasar yang gelap, serta metabolisme yang tidak biasa dari pigmen warna yang dimiliki burung Kenari Lizard

5. Pigmen hitam tersebar di seluruh tubuh

Burung Kenari lizard memiliki pigmen hitam yang tersebar ke seluruh tubuhnya, mulai dari bulu, sayap, ekor, kaki, dan kuku-kukunya. Kualitas dari pigmen hitam tersebut membentuk warna gelap yang lebih tajam. hal ini berbeda dengan jenis burung lainnya.

6. Sejak dulu, penampilannya tidak berubah

Sejak pertama kali dikembangkan hingga sekarang, burung ini tetap memiliki bentuk seperti aslinya. Meski kini banyak ditemukan beragam varietas seperti spangles, gold, dan silver, penampilannya cenderung tidak berubah dan tetap pada ciri khasnya, yaitu topi.

7. Setiap individu mengalami perubahan mengagumkan

Kenari lizard adalah contoh klasik dari kisah “itik buruk rupa yang berubah menjadi angsa cantik”. Ketika berumur remaja, kenari lizard memiliki penampilan yang biasa saja hampir mirip seperti burung gereja. tetapi setelah usai mabung penampilannya akan berubah total dan menjadi jauh lebih cantik.

8. Mudah dibedakan jenis kelaminnya

Berbeda dengan burung jenis lainnya, burung kenari lizard ini lebih mudah membedakan jenis kelaminnya. Burung jantan dan betina mudah dibedakan melalui penampilan fisiknya.

9. Lebih Mudah dibudidayakan

Banyak peternak menganggap kenari lizard sebagai burung yang aktif dan subur. Selain mudah dipelihara, kenari lizard juga mudah dibudidayakan atau diternak. Tidak heran jika burung ini dapat bertahan selama beratus-ratus tahun.

BACA JUGA :  Cara Mengobati Burung Kenari Yang Kehilangan Suaranya

10 Pernah Hampir Punah

Burung kenari lizard pernah dianggap hampir punah pada awal tahun 1900-an. Hal ini terjadi akibat Perang Dunia I dan II, serta wabah penyakit yang melanda dunia saat itu. Pada pertengahan thn 1940an, beberapa pasang kenari lizard yang berhasil diselamatkan kemudian diupayakan untuk dikembangbiakkan.

Kami ucapkan terimakasih telah membca artikel mengenai Fakta Unik dan Menarik Burung Kenari Lizard Bersisik Kadal, semoga informasi yang di sediakan di situs cherewed.com bermanfaat bagi anda semua. share jika artikel ini bermanfaat.