Tips dan Trik Beternak Burung Kenari Yorkshire

Cherewed.com – Burung kenari Yorkshire merupakan burung impor yang berasal dari eropa seperti itali, turki, jerman dan inggris. masing-masing memiliki kode untuk setiap daerah. burung ini berasal dari hasil perkawinan silang antara jenis kenari lancashire dengan kenari Belgia, kenari yang satu ini bukan termasuk kategori kenari penyanyi, tetapi termasuk kenari postur, tetapi dari segi kicauan burung ini juga tidak kalah bmerdunya dengan kenari jenis lainnya.

Banyak yang beranggapan bahwa beternak burung kenari yorkshire sangat sulit. tidak sedikit orang yang gagal dalam beternak burung ini. selain memiliki harga yang cukup mahal juga susah di dapatkan. Pada umumnya untuk perawatan burung kenari sama yaitu harus selalu memperhatikan perawatan dan asupan pakannya yang baik dan tepat.

Karena nilai jual burung kenari yorkshire ini tinggi maka tidaklah heran, burung ini menjadi salah satu burung yang digemari oleh masyarakat indonesia. dan banyak para penghobby burung yang ingin menangkarnya dengan harapan bisa meraup keuntungan yang lebih besar dari burung ini.

Sebelum memulai beternak burung ini, tentunya kita harus memiliki calon indukan yang tepat, karena seleksi indukan merupakan kunci dari kesuksesan budidaya apapun. karena setiap indukan mewariskan sifat-sifat genetiknya kepada keturunannya, baik sifat-sifat yang baik maupun yang buruk.

Banyak orang yang mengatakan kriteria tersendiri untuk memilih calon indukan burung kenari yorkshire salah satunya adalah postur tubuhnya langsing, tidak gemuk, berisi, dan berbentuk seperti wortel.

Proses Penjodohan Kenari Yorkshire

Untuk menjodohkan burung kenari yorkshire ini bisa melalui beberapa cara, misalkan memisahkan induk jantan dan induk betina. jumlah indukan betina harus lebih dari satu dan ditempatkan dalam kandang terpisah. tetapi tetap dalam posisi berdekatan dengan satu dan yang lainnya.

BACA JUGA :  Perbedaan Akurat Burung Pailing Jantan Dan Betina Di Lihat Dari Segi Fisik

Biasanya jika nanti indukan jantan didekatkan dengan sangkar betina maka akan ada salah satu betina yang paling aktif, jika sudah terlihat betina yang paling aktif silahkan masukan burung jantan ke sangkar betina.

Biasanya masalah yang sering muncul dalam perjodohan burung kenari yorkshire itu karena indukan jantan dan indukan betina tidak birahi. sehingga proses penjodohan akan berlangsung cukup lama. maka dari itu sangat dianjurkan memberi pakan bernutrisi tinggi, serta pemberian suplemen khusus burung indukan. Anda bisa menggunakan BirdMature yang sudah banyak digunakan para peternak burung kicau.

Pemberian Pakan Bernutrisi Tinggi

Pemberian pakan yang bernurisi tinggi akan membuat burung mengalami peningkatan birahi secara signifikan. Kita sering keliru menganggap bahwa nutrisi tinggi hanya identik dengan protein tinggi. Padahal nutrisi memiliki kesamaan arti dengan zat gizi. Jadi, zat gizi lainnya seperti energi metabolis, lemak, karbohidrat, serat kasar, hingga vitamin dan mineral tetaplah penting.

Kandang Ternak Burung Kenari Yorkshire

Dari segi jenis kandangnya, bebas mau pilih model apapun, yang terpenting kandang harus di tempatkan di lokasi yang aman dan nyaman. jauhkan kandang dari gangguan-gangguan yang akan membuat stres burung kenari. gangguan tersebut berupa hewan liar. dan juga harus menggunakan lampu untuk penerangan, Lampu sebaiknya dimatikan saat sore hari. dan kembali dinyalakan pada pagi hari. selalu menjaga kebersihan kandang ternak, hal ini wajib dilakukan untuk mencegah indukan kenari terserang penyakit yang bersumber dari kotoran.

Mencukur Bulu di Sekitar Kloaka

Burung kenari ini memiliki bulu yang pendek dan tebal. tetapi ada juga burung kenari yorkshire yang memiliki bulu-bulu panjang, terutama disekitar kloakanya. Untuk memperlancar proses perkawinannya, perlu dilakukan pencukuran bulu di sekitar kloakanya.

BACA JUGA :  3 Tips Pembuatan Kandang Ternak Burung Kacer Yang Sederhana

Untuk meningkatkan produktivitas, tidak sedikit peternak yang memanfaatkan “baby sitter” sehingga induk kenari yorkshire bisa terus berproduksi. Baby sitter atau babuan bisa menggunakan kenari jenis AF yang berpostur lebih besar daripada kenari lokal. Dia akan mengerami telur dan merawat anak-anak dari kenari yorkshire. Kenari babuan akan memulai tugas pengeramannya setelah kenari indukan bertelur, dan mengerami telurnya itu selama satu minggu.

Demikianlah artikel yang dapat admin sampaikan mengenai Tips dan Trik Beternak Burung Kenari Yorkshire, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin beternak burung kenari yorkshire. salam kicaumania