7 Jenis Sayuran Yang Tepat Untuk Burung Lovebird

Cherewed.com – Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak di pelihara di indonesia. pakan utama burung ini adalah biji-bijian seperti milet, canary seed, kwaci, dan biji-bijian lainnya. karena burung ini memiliki postur tubuh unik dan indah dan juga memiliki suara yang merdu maka tidaklah heran di tahun ini burung tersebut semakin banyakyang memeliharanya.

Namun selain pakan biji-bijian burung lovebird ini juga harus mengkonsumsi sayur-sayuran sama halnya dengan burung kicau lainnya. karena sayuran merupakan makanan yang baik bagi kesehatan burung. namun jika anda ingin memberikan pakan sayuran kepada burung lovebird harus memberikan dengan takaran yang tepat. supaya sayuran yang diberikan kepada burung tersebut tidak berlebihan karena itu akan menyebabkan manfaat dari sayuran tersebut tidak dirasakan.

Sebenarnya banyak jenis sayuran yang bisa diberikan kepada burung lovebird yang salah satunya akan admin bahas disini. bagi anda yang ingi memberikan pakan sayur kepada burung lovebird anda, maka anda harus memperhatikan pembahasan yang admin sampaikan ini.

Jenis Sayuran Yang Tepat Untuk Burung Lovebird

  1. Jagung, Jagung sangat dianjurkan untuk diberikan kepada burung lovebird karena jagung ini memiliki banyak manfaat namun pemberian secara berlebihan akan membuat burung lovebird menjadi mencret, maka dari itulah pemberian pakannya harus dengan takaran yang tepat. Untuk memberikan jagung, cukup 3 – 10 butir setiap harinya, terutama untuk lovebird lomba dan lovebird yang sedang di ternakan bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatannya yang bagus untuk kualitas telur dan membuat lovebird rajin bunyi untuk lovebird lomba .
  2. Kangkung, salah satu pakan yang sering diberikan kepada lovebird adalah kangkung, kangkung memiliki segudang manfaat salah satunya untuk menaikan birahi pda lovebird. namun pemberian yang berlebihan tidak disarankan karena akan membuat burung tersebut overbirahi, maka dari itulah pemberian pakan dengan takaran yang tepat harus dilakukan. Untuk kangkung bisa di berikan seminggu 2 -3 kali dengan beberapa batang/daun nya.
  3. Bayam, Bayam juga disukai oleh lovebird meskipun lovebird lebih menyukai sayuran dari kangkung, begitu juga dengan efek pada lovebird tidak langsung terasa, namun meskipun begitu kandungan gizi dari bayam bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi lovebird sehingga bisa menjaga kesehatannya.
  4. Daun Gingseng, Gingseng sering di berikan pada burung lovebird kusumo sebelum dan sesudah lomba, karena manfaat dari daun gingseng bermanfaat untuk stamina lovebird, sehingga pada saat lomba penampilannya bisa memuaskan, dan tampil dengan maksimal karena staminanya selalu terjaga pada saat lomba berlangsung.
  5. Toge Atau Kecambah, Pemberian toge atau sering disebut kecambah ini sangat dianjurkan kepada burung lovebird yang sedang dibudidayakan/ternak. karena Kandungan protein dan kandungan lainnya pada toge ini sangat bagus untuk kesuburannya, sehingga kualitas telur dan anakannya menjadi bagus. Untuk pemberian sayuran toge untuk burung lovebird di berikan pada saat burung sedang kawin atau sebelum mengeram, namun untuk jumlahnya cukup di berikan 3 kali dalam seminggu untuk menghindari birahi yang terlalu tinggi.
  6. Pakcoy, Pakcoy bagus di berikan untuk pencernaan dan untuk membantu menurunkan birahi lovebird dan sebagai sumber asupan serat untuk kebutuhan gizinya. Untuk menjaga birahi lovebird, sayuran dari pakcoy cukup diberikan sebagai selingan saja untuk memenuhi kebutuhan serat dan diberikan pada saat burung sedang tinggi birahinya.
  7. Sawi Putih, Sawi putih sangat bagus di berikan sebagai variasi makanan untuk lovebird harian dan juga bagus untuk lovebird yang sedang di ternak. Kandungan kalsium, vitamin dan mineral pada sayuran sawi bagus untuk kebutuhan gizi harian lovebird. dan juga bagus untuk kualitas telur.
  8. Mentimun, Mentimun memiliki manfaat untuk menyetabilkan birahi burung lovebird, jadi ketika lovebird anda terlalu memuncak maka berilah mentimun, maka birahi tersebut akan stabil.
BACA JUGA :  3 Tips Dan Cara Merawat Burung Prenjak Atas Agar Gacor Setiap Hari Paling Lengkap

Itulah 7 Jenis Sayuran Yang Tepat Untuk Burung Lovebird yang bisa diberikan kepada burung lovebird anda, Mungkin itulah yang dapat admin sampaikan di artikel ini, baca juga berbagai perawatan burung lovebird di situs cherewed.com. supaya kamu mendapatkan pengetahuan yang banyak mengenai berbagai jenis burung kicau lainnya.